Selasa, 03 Oktober 2017

Ke Jepang sendirian :8 hari 8 kota

Ini pertama kali saya pergi ke Jepang dan sendirian!!! dan parahnya saking serakahnya gue keliling 8 kota dalam 8 hari.

Budget yang gue habisin sebelum dan setelah nyampe disana berkisar 15jtan.Biaya tersebut udah termasuk oleh-oleh,pakai kimono yang harganya menurut gue kemahalan,beli baju,koper dan biaya lain diluar perhitungan awal karena kecerobohan gue.

Kota yang gue kunjungi :
6.kamakura
7.kyoto
8.nara
Gue pingin sharing sekaligus bagi tips buat berhemat disana (berdasarkan pelajaran pribadi gue)kali aja ada cewek/cowok yang pingin backpacker sendirian atau hemat jalan-jalan ke jepang tanpa tur.

Gue uda hunting tiket promo *A dan dapatnya 2,65jt dari medan ke osaka pp (tentunya tanpa bagasi).Gue milih tanggal 9/9-17/9 2017.

Setelah tiket di dapet,gue mulai susun itin.Gue gak milih usj atau theme park sejenisnya karena gue tipikal orang yang agak sayang buang uang (mau hemat juga) ke tempat gituan,gue lebih prefer ke pemandangan alam gitu (biarin aja dibilang old fashion) :)-

Setelah satu bulanan gue mikir bagus-bagus,ini itin yang gue buat :
Hari pertama : osaka (karena gue nyampenya udah sore,maka gue ke namba langsung)
Hari kedua     : osaka-nagoya-hamamatsu-nagoya-tokyo
Hari ketiga.    : keliling tokyo
Hari keempat : tokyo-yokohama-kamakura-tokyo-kyoto
Hari kelima.    : keliling kyoto
Hari keenam.  : kyoto-nara-osaka
Hari ketujuh.   : osaka
Hari kedelapan : osaka-kobe-osaka (karena gue pulangnya Pukul 22.00).

90% dari rencanya tersebut terealisasi,hanya saja kaki gue gempor cuy.soalnya gue jarang jalan kaki,belum lagi nyeret koper dan tas,ujan lagi,uda jadi kayak drama melow pas mau minggat dari rumah (imajinasi tinggi).

Setelah urusan itin selesai,tentunya kita buat visa.karena pertimbangan biaya urus sendiri dan diurus travel agent hampir sama,cuma beda Rp.20.000,maka gue mutusin diurusin aja.

Yang paling penting sebelum kesana yang disiapin adalah :
1.obat-obatan dasar (walaupun enggak kepake ma gue)
2.visa dan paspor
3.hotel
4.sim card jepang

Gue gak masukin Jr pass karena menurut gue,JR pass cukup mahal (3jtan).

Gue sharing tips/cara menghemat disana dulu ya :
1.Air minum
   Jangan pernah beli air minum di vending machine karena lebih mahal.emang sih,air keran disana bisa buat minum.Tapi klo kalian kayak gue yg gak biasa minum dari keran,pastinya lebih nyaman minum air botolan.harga air minum ukuran 550ml di vending machine rata-rata 110 yen-160yen.sedangkan klo kalian belinya di lawson/familymart/seveneleven yg gede ukuran 1,5 liter cuma 93yen.malah kemaren gue ada nemu harganya dibawah itu.

2.Transportasi
Kalau kalian cuma ngunjungi kyoto,tokyo,dan osaka,lebih bagus pakai pass di masing2 kota.
Contohnya di tokyo pake tokyo metro subway pass (harganya 800 yen sehari,kalau 2 hari cuma 1200 yen).kalian bisa naik subway metro sepuasnya (tapi gue gak suka pake subway karena harus naik turun tangga walaupun ada elevator).
Favorite gue,pake bus di kyoto (kelililing sepuasnya sehari cuma 500 yen).kalian bisa beli di mesin tiket yg ada di depan stasiun bus di kyoto station .nah,kalau nyampenya seperti saya di osaka,maka pakai pass yang sesuai tujuan kalian.kalau saya pake nankai railway pass perdua hari.harganya 2100 yen.kalian bisa ambil jurusan namba station (yang ada glico mannya) dan pass ini bisa digunakan ke tempat2 lainnya.kalian bisa bandingin kalau dari kix ke osaka sekali jalan saja sudah 1600 yen.kalau ke namba sekali jalan 920yen.Kalau kalian pingin itung standart harga transportasi disana,beserta jamnya,lewat google maps aja.pas disana gue juga cuma pake google maps sebagai ajuan dan gak bakalan tersesat kalau kalian ikutin(walaupun kadang dibawa ke jalan yg lebih jauh).Gue juga pake willer bus pass dan syang banget karena gak bisa manfaatin (soalnya gak cukup waktu dan gak pas ma itin gue).cuma tetap worth it.harganya 10.000 yen buat senin sampe kamis (gak harus berurutan).

3.Hotel
Setelah gue research,ternyata ada beberapa hotel yang harganya lebih murah pas waktu udah mau deket.kalau gue lebih suka beli via agoda soalnya pembatalannya mudah.gue juga ad pesan lewat traveloka.gue habis 1,3jt buat 5 malam.itupun gue nyesel karena ada beberapa hotel yang menurut gue lebih murah dan worth it.kuncinya rajin liat promo hotel di beberapa situs.

4.Tempat wisata dan tur gratisan
Ada beberapa kuil maupun tempat gratisan di setiap kota,tinggal search google.gue ke hamamatsu flowerpark gratis karena september tuh bulan gratisan (standart 500 yen).Kalian juga bisa ikut tur gratis dari istana tokyo(mesti regristasi dulu).gampang aja kok.tinggal daftar di situs Royal Palace Tokyo.Shinsaibasuji,dotonbori,kuromon ichiba market tuh deket-deketan aja.jadi tinggal jalan kaki.

5.Makanan
Bagi yang makan secukupnya aja kayak gue,bisa nyobain jajanan aja (gak usah makan main course).Makanan di minimarket lokal juga lebih murah daripada di tempat wisata.kalau mau lebih murah bisa nyari di supermarket atau main course di vending machine juga biasanya lebih murah.buat yang hobi makan sushi,ada susi serba 100yen.porsi makanannya lumayan gede.Untuk buah-buahan,klo di tokyo yang gue tau ada di shimokitazawa.Di kyoto ada di deket statiun bus kyoto (kalau naik bus,berhentinya di satu statiun sebelum station kyoto).Di osaka ada di deket namba station.

6.Koneksi internet
Kalau perginya sendiri,lebih bagus beli sim card aja daripada pocket wifi.sim card softbank cuma 350rb/8hari.sedangkan pocket wifi 70rb/hari.belum lagi harus balikin dan harus bawa satu barang lagi (bikin sempit tas).

7.koper,baju dan lainnya
Karena gue kemaren perginya cuma bawa ransel doank,alhasil gue kecapean pikulnya n gak ada tempat buat selipin oleh2.maka gue putusin beli koper disana.gue belinya di don quijite yg terkenal murah dan disetiap kota ada.harganya 3900yen sebelum pajak (ukuran 22inc).ternyata di shinsaibasuji ada koper harga 5000 yen yg ukurannya gede banget.jadi nyesel banget.
Kalau oleh-oleh beli di daiso aja murah meriah.trus kalau snack-snack gitu belinya di shotengai (semacam pasar di pinggir jalan).di daerah namba juga banyak yg jual mulai dari make up,baju,dll.

8.Buat yang narsis
Kalau kalian pingij dapat foto full body tapi malu minta tolong,solusinya kalian bisa nancapin hp kalian pake tongsis ke arah yang memungkinkan buat ditancap (kayak gue).semua foto gue ambil sendiri ya.